Class, Object, instance dan methode

Class, Object, instance dan methode
Pengertian
Pemrograman Berorientasi Objek:
a. Objek adalah kesatuan entitas (benda), baik yang berwujud nyata maupun yang tidak nyata seperti sistem atau konsep yang memiliki sifat karakteristik dan fungsi.  Contoh : kue, spidol, mobil, telepon, dan lain-lain

b. Kelas adalah pemodelan dari objek yang berisi informasi (aturan) tentang sifat karakteristik (data) dan tingkah laku (metode) yang dimiliki oleh objek tersebut.  Contoh : resep kue, material spidol, dan lain-lain

c. Instance adalah perwujudan, dimana dalam istilah pemrograman, objek merupakan instans (perwujudan) dari suatu kelas. Instansiasi adalah : proses perwujudan kelas menjadi objek. Biasanya didalam pemrograman java menggunakan perintah new.


d. Method  adalah Prosedur atau fungsi yang dimiliki oleh suatu objek. method ini akan mengolah atau mengubah data/variabel yang ada didalamnya sesuai dengan operasi yang telah ditentukan.

IDENTIFIER  
Dalam Penulisan Program terdapat beberapa aturan untuk penulisan nama Identifier di antaranya nama class, method, variabel bahkan konstanta. Aturan tersebut antara lain:

1. Case-sensitive artinya identifier color berbeda dengan Color, COLOR, dan lain sebainya, 
2. Tidak menggunakan reserved word  atau Keyword JAVA, 
3. Tidak menggunakan symbol-simbol operator. 
4. Dimulai dengan huruf abjad (a, b, c, ….), atau underscore (_), tanda dolar ( $ ),  5. Tidak dibolehkan diawali dengan bilangan (0, 1, 2, …). 6. Tidak dibolehkan menggunakan spasi

MODIFIER
Modifier biasanya dibagi ke dalam 2 bagian, bagian pertama di awal nama class, method, variabel, bagian kedua di akhir class     modifier1 tipeData namaClass modifier2  [namaClass/namaInterface...]{    // body class   }

a. Modifier 1 public : dapat diakses dari kelas lain, baik dalam package yang sama maupun berbeda. private : tidak dapat diakses sama sekali dari kelas lain, baik dari package yang sama maupun berbeda. protected : membatasi akses kelas yang dilakukan oleh subkelas turunannya dan kelas lain yang terletak dalam package yang sama. abstract : kelas tersebut tidak dapat diinstankan langsung menjadi Objek. Dipakai pada hirarki kelas tertinggi. Yang hanya mungkin dilakukan dengan cara inheritance. final : kelas tersebut tidak dapat diturunkan menjadi subkelas.

b. Modifier 2 extends  SuperClass :  digunakan untuk inheritance implements Interface  : digunakan bila kelas mengimplementkan satu atau lebih interface.

INPUT DARI KEYBOARD 
Proses pembacaan data yang diinput oleh user melalui keyboard dilihat dengan dua cara, yaitu :

a. Dalam lingkungan Console (DOS)  menggunakan kelas BufferedReader(), InputStreamReader(), dimana kelas diinstansiasikan menjadi sebuah objek. Dan kemudian objek yang terbentuk memiliki sebuah metode readLine() yang digunakan untuk menangkap inputan dari keyboard.

b. Dalam lingkungan GUI  menggunakan kelas/komponen JOptionPane dengan method showInputDialog().

Contoh Program

public class CobaNamaClass{
//deklarasi variabel String
String cobaVariabelPublic = "di Universitas Budi Luhur";

public static void main (String[]args){
// membuat objek dari class
CobaNamaClass objCNC = new CobaNamaClass();
objCNC.cobaMethodProc();
String variabelPenerima = objCNC.cobaMethodFunc();
System.out.println(variabelPenerima+objCNC.cobaVariabelPublic);
}

//method procedure
void cobaMethodProc(){
System.out.println("Senang Belajar JAVA"+cobaVariabelPublic);
}

//method function
String cobaMethodFunc(){
String cobaVariabelLocal= "Senang Belajar JAVA";
return cobaVariabelLocal;
}
}
Hasilnya :

Contoh Program Lainnya

import javax.swing.*;
public class InputDariKeyboard2{
public static void main(String[] args){
String NIM="", nama="";
try{
NIM=JOptionPane.showInputDialog("NIM : ");
nama=JOptionPane.showInputDialog("Nama : ");
}
catch(Exception e){
System.out.println("Error : "+e);
}
System.out.println("====================");
System.out.println("\t\tCetak Data Mahasiswa");
System.out.println("====================");
System.out.println("NIM\t\t: "+NIM);
System.out.println("Nama\t\t: "+nama);
System.out.println("====================");
}
}
Hasilnya :



Contoh Program lainnya :
import java.io.*;
public class InputDariKeyboard1{
public static void main(String[] args){
String NIM="", nama="";
BufferedReader objInput = new BufferedReader(
new InputStreamReader(System.in));
try{
System.out.println("==============================");
System.out.println("\t\tInput Data Mahasiswa               ");
System.out.println("==============================");
System.out.print("NIM\t\t: ");            NIM=objInput.readLine();
System.out.print("Nama\t\t: ");        nama=objInput.readLine();
System.out.println("==============================\n");
}
catch(Exception e){
System.out.println("Error : "+e);
}

System.out.println("=================================");
System.out.println("\t\tCetak Data Mahasiswa               ");
System.out.println("=================================");
System.out.println("NIM\t\t: "+NIM);
System.out.println("Nama\t\t: "+nama);
System.out.println("=================================");
}
}
Hasil :




Sekian Dari Saya
kurang lebihnya mohon maaf
wassalamualaikum wr.wb

Nama : Rahmat Awaludin Umar
NIM : 1811502697
Mata Kuliah : Pemrograman Berorientasi Objek
Kelompok AH

Comments

Popular Posts